Tips Agar Asam Lambung Tidak Sering Kambuh

Ketika maag atau asam lambung menyerang, pasti akan mengganggu sejumlah aktivitas yang akan dilakukan. Alasannya jelas, maag atau asam lamubung bisa menyebabkan mual, perut kembung, perut terasa melilit, hingga membuat pengidapnya meringis kesakitan.

Sebenarnya cara mencegah penyakit yang pernah diidap Teuku Ryan ini tidak sulit. Hanya saja, dibutuhkan kedisiplinan dan kemauan yang kuat untuk mengubah berbagai kebiasaan keliru.

Oleh sebab itu, ada banyak hal yang harus diperhatikan si penderita maag agar tak kambuh. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu makanan atau mengonsumsi obat asam lambung yang ampuh. Lantas, bagaimana sih cara mencegah penyakit maag atau asam lambung agar tidak kambuh?

1. Mengubah Pola Makan

Dokter biasanya menyarankan agar kita meminum minuman yang baik untuk penderita asam lambung dan menghindari makanan atau minuman tertentu, yang menyebabkan gangguan pencernaan atau memperburuk gejala maag, seperti:

  • Minuman beralkohol;
  • Minuman berkarbonasi atau bersoda;
  • Makanan atau minuman yang mengandung kafein;
  • Makanan yang banyak mengandung asam, seperti tomat atau jeruk;
  • Makanan pedas, berlemak, atau berminyak.

2. Perubahan Gaya Hidup

Selain membuat perubahan pada apa yang kita makan dan minum, cara mencegah penyakit maag juga perlu dibarengi dengan perubahan gaya hidup. Nah, berikut ini gaya hidup sehat yang perlu dilakukan agar maag atau asam lambung tidak sering kambuh.

  • Hindari olahraga tepat setelah makan.
  • Jaga berat badan tetap ideal.
  • Tidak mengonsumsi camilan ketika sudah larut malam.
  • Jangan mengonsumsi terlalu banyak obat antiinflamasi nonsteroid.
  • Berhenti merokok sambil mendengarkan chord Menepi.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Tunggu dua hingga tiga jam setelah makan sebelum berbaring.

3. Pilih Porsi Kecil

Makan dengan porsi kecil juga bisa menjadi cara agar maag tidak sering kambuh. Memangnya apa yang salah dengan porsi besar? Porsi besar membuat perut harus bekerja keras untuk mencerna makanan. Sebaiknya makanlah resep makanan sehat untuk diet, atau minyak ikan secara perlahan, dan jangan langsung berbaring setelah mengonsumsinya.

4. Jangan Pakaian Ketat

Hindari menggunakan celana atau pakaian ketat. Kondisi ini bisa menekan perut, dan membuat makanan naik ke kerongkongan.

5. Perhatikan Posisi Tidur

Sebelum tidur biasanya orang akan bermain game cheat GTA, namun karena hal itu terkadang posisi tidurnya menjadi berantakan. Sebaiknya, aturlah posisi tidur dengan kepala setidaknya enam inci atau 15 sentimeter di atas kaki serta gunakan bantal untuk menopang kepalamu. Kondisi ini memungkinkan cairan pencernaan mengalir ke usus dan akan membuat maag atau asam lambung kamu tidak akan naik

Beragam Faktor Pemicunya

Apakah kamu tahu apa biang keladi dari penyakit maag atau asam lambung? Hal yang biasanya menyebabkan penyakit ini adalah kelebihan asam pada lambung, sehingga asam tersebut menyerang lapisan lambung. Nah, gangguan tersebut akan menimbulkan rasa nyeri. Maka dari itu, pengobatan yang bisa dilakukan dengan menghambat sekresi asam lambung.

Beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan penyakit maag adalah infeksi pada perut oleh bakteri Helicobacter pylori dan penggunaan yang kronis terhadap obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin.

Di samping itu, ada pula beberapa hal yang bisa memicu maag. Misalnya, konsumsi makanan yang keliru dan kebiasaan merokok. Bagi kamu yang memiliki penyakit maag dan sering kambuh, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika salah satu cara di atas sudah kamu terapkan tapi tidak berhasil, ada baiknya kamu langsung konsultasi pada dokter. Sebab, dokterlah yang tau cara pencegahan terbaik dari penyakit di atas, semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan Populer