Tips Kesehatan Tulang


Taukah kamu kita terkadang melupakan untuk menjaga kesehatan tulang terutama di kalangan remaja dan dewasa ini. Istilah “Remaja jompo” merupakan salah satu istilah untuk kaum remaja yang kurang memelihara kesehatan tulangnya sehingga tulangnya seperti orangtua jompo atau lanjut usia.

Tulang adalah satu organ tubuh manusia yang mampu menopang tubuh dan otot manusia. Kesehatan tulang harus dijaga untukmendapatkan kesehatan tubuh yang seimbang jika tidak maka bobot tubuh dapat terganggu dan komplikasi kesehatan otot juga. Beberapa berikut ini tips dan saran untuk menjaga kesehatan tulang:

1. Berjemur Di Pagi Hari

Berjemur di bawah sinar matahari pagi hari sangat baik terutama jam 9 pagi hingga jam 11 siang karena sinar matahari pagi dijam tersebut mengandung vitamin D. Cahaya matahari pagi sangat kaya dengan unsur sinar UVB.

Ketika sinar itu mengenai kulit maka Vitamin D akan masuk kedalam tubuh sesuai diperlukan tulang manusia. Disarankan Berjemur selama 20-30menit setiap hari. Disarankan Rutin berjemur 2 kali sampai  4 kali seminggu sangat diperlukan agar dalam penyerapan Kalsium / Vitamin D sehingga tulang tidak mudah keropos.

2. Olahraga Rutin

Pola olahraga sehari-hari seperti jogging atau senam lantai adalah salah satu jenis olangraga sederhana mudah dilakukan sehari-hari. Kebiasaa rutin berolahrga ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan bobot  tubuh terutama kesehatan tulang. Kebiasaan ini juga memampukan melatih dan memperkuat tulang untuk tetap kuat.

Penelitian juga meberikan kesimpulan jika Kekurangan olahraga dapat mepercepat pengeroposan tulang atau disebut osteoporosis. Porsi olahraga juga dapat divariasikan mulai dari olahraga ringan hingga berat untuk terbiasa dan semakin rutin membuat tulang tumbuh lebih baik.

3. Mengkonsumsi Kalsium

Kalsium merupakan salah satu gizi yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Kita bisa mendapatkannnya didalam buah-buahan seperti kacang kedelai, kacang-kacangan, olahan susu, sayuran hijau (brokoli atau kubis), ikan salmon, yogurt, ikan sarden atau snack bar yang dalam bentuk praktis. 

Kalsium yang cukup dapat memberikan kekuatan pada tulang sehingga tulang sulit untuk mengalami cidera contohnya ketika berlari atau melompat. Kelebihan atau kekurangan  kalsium juga tidak disarankan karena dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

4. Menjaga Berat Badan

Berat badan ideal sangat penting bagi kesehatan terutama untuk tulang yang senantiasa menopang tubuh sehari-hari. Berat badan dapat dijaga stabil jika manjaga pola tidur yang sehat minimal 5-8 jam sehari. Stess juga dapat memberikan dampak negatif untuk mendapatkan tidur istirahat yang cukup. 

Istirahat yang cukup dapat meregenerasi atau memulihkan kesehataan  yang diperlukan oleh tubuh terutama kesehatan tulang. Mengurangi makanan gorengan dan makanan yang terlalu manis juga dapat membantu menjaga berat badan tubuh tetap stabil.

5. Pola makan dan tambahan Suplemen

Tambahan suplemen makanan juga disarankan untuk mempercepat pertumbuhan kesehatan tulang dan memeliharanya. Mengkonsumsi kapsul kalsium dan vitamin D juga sangat disarankan, 1000mg hingga 1200mg untuk kalsium dan 12mg hingga 25mg untuk vitamin D. Mengurangi konsumsi minuman bersoda tinggi dan beralkohol serta aktivitas merokok juga dapat membuat kerapuhan pada tulang. 

Untuk dosis suplemen kalsium dan tambahan vitamin D yang tepat juga dapat dikonsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan hasil  yang optimal. Minyak ikan dan telur juga mengandung Vitamin D. Pola kebiasaan makan seimbang, bernutrisi, dan bergizi sangat baik untuk kekuatan tulang.

Itulah beberapa tips kesehatan yang dapat membantu mengoptimalkan kesehatan tulang sehari-hari. Selamat mencobanya.

Komentar

Postingan Populer