Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Hai sahabat blog, apakah kamu pernah memikirkan sebagaiman pentingnya peran gigi dan mulut dalam kehidupan kamu? Kamu menggunakan gigi dan mulut setiap hari untuk makan, minum, berbicara, tersenyum, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa menjaga kesehatan kedua bagian tubuh tersebut sangat penting.

Memiliki gigi dan mulut yang sehat tidak hanya untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu dan membantu kamu untuk menikmati makanan dengan lebih baik, tetapi juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan merawat gigi serta mulut dengan baik, maka kamu dapat terhindar dari masalah gigi dan medis. Lantas, bagaimana sih cara merawat gigi dan mulut agar tetap sehat? Berikut penjelasannya.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

1. Menyikat gigi dua kali sehari

Tips yang pertama adalah menyikat gigi dua kali sehari. NHS menyarankan untuk selalu menggosok gigi dua kali sehari setidaknya selama dua menit. Cara menggosok gigi yang benar juga diperlukan agar bisa membersihkan plak dan menjangkau bagian gigi yang sulit.

Caranya adalah dengan memosisikan kepala sikat gigi sebesar 45 derajat ke arah gusi sehingga bisa menghilangkan plak pada garis gusi.

2. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Tips kedua menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Hal ini diperlukan karena bisa membantu memperkuat enamel gigi dan mencegah gigi berlubang. Kandungan fluoride biasanya tercantum pada kemasan pasta gigi dan pilihlah yang setidaknya memiliki 1.350 bagian per sejuta (ppm) fluoride.

3. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis

Tips selanjunya adalah mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis, seperti minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Hal ini karena minuman maupun makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang.

4. Periksakan diri ke dokter gigi secara teratur

Tips keempat adalah rajin periksa gigi ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, kamu juga perlu memenuhi asupan makanan bergizi, seperti buah dan sayuran, serta banyak minum air putih.

Jika kamu mengalami keluhan, seperti gusi berdarah, gusi turun atau gigi lepas dengan sendirinya, sakit saat mengunyah, serta bau mulut yang tidak kunjung membaik, segera konsultasikan kepada dokter agar dilakukan pemeriksaaan dan penanganan yang tepat.

5. Lakukan flossing

Tips terakhir adalah melakukan flossing. Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi perlu dilakukan setiap sehari sekali. Flossing dilakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Cara menggunakan benang gigi yaitu dengan melilitkan satu ujung benang di jari telunjuk tangan kanan dan satu ujung benang lainnya di jari telunjuk tangan kiri. Kemudian, jepit kedua ujung benang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Biarkan benang tetap tegang dan bersihkan sela gigi satu per satu.

Setelah itu, kamu dapat menggunakan obat kumur dengan air garam, misalnya garam bambu, untuk membersihkan gigi dan mulut.

Nah sobat blog, itulah beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Komentar

Postingan Populer