Tips Menjaga Kesehatan kulit agar tetap sehat

 


Salah satu organ tubuh yang sangat berharga untuk kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari adalah Mata. Mata sehat menjadi dambaan setiap orang. Hal ini karena Mata yang sehat adalah mata yang  terbebas dari berbagai penyakit seperti mata kering, katarak, gangguan retina dan berbagai penyakit lainnya yang dapat mengganggu penglihatan seseorang.

Sering sekali orang-orang menyepelekan dan tidak menjaga kesehatan mata, padahal hai itu merupana kewajiban yang harus dilakukan untuk menghindarkan dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan dan mengganggu kesehatan anggota tubuh tersebut saat digunakan.

Setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari, bahkan tak lepas dari peran organ tubuh yang satu ini. Meski fungsinya bisa meurun seiring pertamabahan usia, namun kamu harus tetap melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai penyakit mata.

Lantas apasajakah tipsnya, Penasarankan? Yuk simak penjelasan dibawah!

1. Rutin Periksa Mata

Rutinlah melakukan pemeriksaan pada matamu. Hal ini karena pemeriksaan mata bisa memantau kondisi bagian tersebut dan ganguan atau masalah kesehatan yang muncul bisa segera dideteksi. Disarankan bgai orang yang berusia lanjut ataupun muda, baik pria ataupun wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

2. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok tak hanya menganggu kesehatan paru-paru dan jantung, namun juga bisa memicu gangguan pada mata. Asap rokok yang mengenai mata dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak, deiegenarasi makula, dan kerusakan saraf optik yang  dapat menyebabkan kebutaan srta merusak retina.'

3. Olahraga secara rutin

Sebuah penelitian menyatakan bahwa olahraga bisa mengurangi risiko penyakit mata dan menurunkan risiko kehilangan penglihatan akbiat tekanan darah tinggi, diabetes dan kadar kolestrol yang tinggi.

4. Hindari paparan sinar ultraviolet

Tak hanta kulit, mata juga sangat penting dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet. Sebab, mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet lebih berisiko mengalami katarak, degenarasi, makula, korneo terbakar hingga kanker mata.

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA atau UVB atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari.

5. Jangan Menggunakan gawai terlalu lama

Menatap layar smartphone atau komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bauh dan punggung, mata kering, dan pandangan menjadi kabur.

Jika kamu kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari atau bermain game Game God Of War Ragnarok, istirahtakan mata dengan mengalihkan pandangan selam 20 detik, setiap 20 menit sekali. Kamu juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali.

Jika mata terasa kering, kamu bisa sering mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes mata.

Demikianlah beberapa tips menjaga Kesehatan mata. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan selamat mencoba yah!

Komentar

Postingan Populer